Sabtu, 08 November 2008

Setting Platina CB100


Motor Lagenda ku,…

Pernah kejadian yang buat gua sedikit kesel punya motor tua, maklum bandot tua itu terus aku genjot buat berangkat ketempat kerja yang tidak jauh dari tempatku tinggal. Sekitar 10 sampai 15 menit pake BeAT istriku, atawa 20 menit lebih pake “Oemar Bakrie”.


Seperti biasa, berangkat kerja pakai “gelatik merah” ku yang suka berkicau. Karena keburu kugeber gas tua itu, dan alhasil suara gas buang Honda CB100 ku itu terasa asing. Seperti batuk berdahak yang tak kunjung sembuh. Dan akhirnya tak kuasa apa daya pak tua berhenti terkena batuk kronis alias platina-nya bergeser akibat gas pool tadi. Tapi tenang karena seringnya berdahak, jadi tahu sela dan peralatan operasi yang harus dipersiapkan.

Alat operasi-nya adalah:


  1. Obeng kembang (+)
  2. Obeng minus (-)
  3. Kunci pas 14
Langkah operasi :

  1. Buka penutup magnet pada bagian kiri mesin yang ber-embos Honda. Baut standard yang digunakan adalah baut kembang. Buka pakai obeng kembang kedua bautnya, dan cungkil dengan obeng minus.
  2. Buka penutup platina pada bagian atas mesin sebelah kiri. Lepas kedua baut dan penutup platina tersebut.
  3. Putar magnet dengan menggunakan kunci pas 14 hingga tanda garis pada huruf F (Fire), tepat pada garis penunjuk pada kalter mesin kiri. Pada garis itulah saat platina harus memutuskan hubungan sehingga menyebabkan system percikan pada busi dan meledakan campuran bensin dan udara dalam ruang pembakaran.
  4. Untuk memastikan secara tepat apakah posisi F tersebut sudah pada posisi kedua valve menutup adalah lihat garis cacat pada cam pembuka platina. Garis goresan tersebut pada posisi sebelah kiri. Karena cb100 adalah motor bakar 4 langkah.
  5. Kendorkan pengikat platina dan putar kearah kanan dan kekiri sehingga muncul bunga api atau letupan pada platina. Pada awal terbuka dan meletusnya hubungan listrik pada platina itulah posisi yang tepat untuk setting platina.
  6. Sebelum ditutup cover coba hidupkan mesin dan rasakan pembakarannya tersebut.
    apabila belum berhasil atau masih kurang, ulangi langkah 3 dan seterusnya hingga mendapatkan setelan yang sesuai anda kehendaki.
    Pada saat langkah-langkah diatas, pastikan kondisi battery dan platina dalam keadaan baik.

    Untuk bikers old bike akan menemukan bagaimana settingan yang tepat untuk old bike-nya. Salam buat para Bikers, Owner, and Lover All about CB100.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

salam oldBIKEers.
gini gan umtuk top piring platinanya posisinya gimana?
aku punya CB ntuk di hidupkan lagi dah 16taon gak gerak

DIY : Rak Diecast 1:64

Sudah lama saya tidak mengisi blog ini,... baru ada bahan berbagi cerita dan karya... Kali ini saya akan menceritakan Rak Diecast 1:64 kary...